TOPENG GUY FAWKES / VENDETTA / ANONYMOUS


Topeng Guy Fawkes merupakan penggambaran Guy Fawkes , anggota paling terkenal dari Plot Bubuk Mesiu , yaitu upaya untuk meledakkan House of Lords di London pada 1605. Penggunaan masker pada patung memiliki akar budaya yang panjang sebagai bagian dari perayaan “Malam Guy Fawkes”

Sebuah penggambaran berbentuk wajah dengan senyum dan pipi merah, kumis lebar terbalik di kedua ujungnya, dan jenggot runcing vertikal, dirancang oleh ilustrator David Lloyd , yang sengaja dibuat untuk mewakili protes, dan setelah itu digunakan sebagai karakteristik utama elemen dalam V for Vendetta , yang diterbitkan pada tahun 1982 dan yang adaptasi film 2006 . Setelah muncul di forum internet, topeng menjadi simbol terkenal yang digunakan oleh online hacktivist yaitu Anonymous ,  pernah digunakan dalam “Project Chanology”, “Occupy Movement” , dan protes anti-pemerintah dan anti kapiltalis lainnya di seluruh dunia.

Sejarah Awal Mula

The Gunpowder Plot tahun 1605 sudah diperingati sejak awal dengan berbagai macam jagoan jagoan yang populer. Menjelang akhir abad ke-18, laporan muncul dari anak-anak di Inggris yang sebagian besar dari mereka mengemis dengan membawa patung aneh yang bertopeng Guy Fawkes, mulai sejak itulah 5 November bertahap menjadi dikenal sebagai perayaan Malam Guy Fawkes, yang menjadi salah satu simbol pahlawan rakyat inggris terhadap pemerintahannya sendiri yang semena mena. Sekarang ini, perayaan tersebut lebih banyak yang menyebutnya dengan istilah "Bonfire Night".

Pada awal 1980-an, mulailah bermunculan topeng "Guy Fawkes” yang terbuat dari kertas. Topeng-topeng tersebut dijual kepada anak-anak di Inggris setiap musim gugur, bahkan ada yang diberikan gratis dengan komik. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, topeng-topeng guy fawkes dari kertas tersebut menjadi sedikit digunakan, karena sudah tergantikan oleh topeng Halloween.
Seorang Penulis Alan Moore kemudian berkomentar: ". .... betapa menariknya bahwa jika kita harus mengambil gambar yang tepat, Ia (Guy Fawkes) tampaknya sedang dalam posisi di mana ia sedang dibersihkan dari catatan sejarah ikonografi Inggris"

V for Vendetta

Karakter utama dalam buku komik seri V for Vendetta , yang dimulai pada tahun 1982, dan kemudian diadaptasi oleh dunia perfilman pada tahun 2006. Kesamaan ideologi yang ditulis oleh Alan Moore dan diilustrasikan kebanyakan oleh David Lloyd "berpusat pada upaya main hakim sendiri untuk menghancurkan pemerintahan otoriter di dystopian Inggris di masa yang akan datang.  Ketika mengembangkan ide, Lloyd menulis catatan tulisan tangan: "Mengapa kita tidak menggambarkan dia sebagai Guy Fawkes yang telah lahir kembali, lengkap dengan jubah dan topi kerucut? Dia terlihat benar-benar aneh dan itu akan memberikan Guy Fawkes penggambaran bahwa dia pantas untuk dikenang selama bertahun-tahun. Kami Mestinya tidak membakar api unggun setiap tanggal 5 November tapi merayakan usahanya untuk meledakkan Parlemen! " Moore berkomentar bahwa, karena ide Lloyd, "Semua fragmen dari berbagai bagian di kepala saya tiba-tiba jatuh ke satu tempat, bersatu di belakang gambar tunggal dari topeng Guy Fawkes tersebut."

v for vendetta

Awal adopsi oleh demonstran

Sejak film V for Vendetta dirilis tahun 2006, impersonalitas bergaya "Guy Fawkes" dengan kumis dan janggut runcing, telah menyebar luas secara internasional antara kelompok-kelompok yang memprotes politisi, bank dan lembaga keuangan. Topeng keduanya menyembunyikan identitas dan melindungi wajah dari individu dan menunjukkan komitmen mereka terhadap masa depan bangsa dan dunia internasional.

Karakter bahkan dikembangkan sebagai meme di internet , umum di situs situs website gambar seperti 4chan serta di situs Web video-sharing seperti YouTube. Awalnya karakter menyimbolkan upaya yang gagal dalam segala hal dan menjadi dikenal sebagai "Epic Fail Guy" (EFG). Untuk alasan yang belum pernah dijelaskan, hal itu semakin ditunjukkan dengan mengenakan topeng V for Vendetta "Guy Fawkes". Pada tahun 2006 sepasang kelompok yang bermusuhan mengenakan topeng Fawkes berhadapan satu sama lain di luar sebuah kantor komik di DC. Satu kelompok left-wing yang dipimpin oleh Adam Weismann sedang memprotes film V for Vendetta . Kelompok lain, yang dipimpin oleh Todd Seavey kontra-protes terhadap demonstran kiri-anarkis tersebut, dan sangat mendukung DC Comics.

 

Anonymous

Topeng menjadi terkait dengan hacktivist kelompok Anonymous 's Project Chanology. Sebuah Protes terhadap Gereja Scientology pada tahun 2008. Kelompok ini memprotes Gereja Scientology dalam menanggapi pemaksaan Gereja di YouTube untuk menarik video Tom Cruise yang membahas mengenai Scientology padahal itu dimaksudkan hanya untuk penggunaan internal Gereja. Sebagai tanggapan, Anonymous memprotes kesadaran hukum Gereja Scientology selama beberapa bulan. Para pengunjuk rasa diharuskan untuk menyembunyikan wajah mereka, karena itu praktik umum bagi anggota Gereja untuk memotret demonstran anti-Scientology. The Guy Fawkes mask adalah metode yang banyak digunakan untuk menyembunyikan wajah.

Sebagai protes yang berlangsung terus menerus, semakin banyak pengunjuk rasa mulai memilih untuk menggunakan masker Guy Fawkes, yang akhirnya menciptakan status simbolik dalam kelompok tersebut. Scott Stewart dari University of Nebraska di Omaha 's The Gateway menulis: "Banyak peserta memakai Guy Fawkes topeng untuk menarik perhatian baik dengan identitas mereka sebagai Anonymous, dan penyalahgunaan Gereja Scientology karena adanya pemaksaan untuk menekan sudut pandang anti-Scientology”. Grup grup berbasis internet kemudian mengadopsi karakter guy fawkes tersebut dalam melakukan protes yang lebih besar dan luas untuk  melawan pemerintahan otoritas.

Sejak terjadinya demonstrasi Winsconstin pada tahun 2011, protes protes demonstrasi berikutnya seperti Occupy Wall Street dan “Occupy Movement International”, topeng guy fawkes muncul secara internasional sebagai simbol pemberontakan populer. Pada bulan Oktober 2011, Julian Assange salah satu pendiri Wikileaks ikut berdemnonstrasi di depan London Stock Exchange sambil mengenakan topeng seperti itu, topeng itu kemudian dicopot atas permintaan polisi.

Pada bulan Januari 2012, topeng Guy Fawkes digunakan oleh pengunjuk rasa melawan penandatanganan ACTA oleh Polandia yang dirasa tidak fair . Di Mumbai , India , pada tanggal 10 Juni 2012, sekelompok 100 anggota Anonymous dan mahasiswa berkumpul di Azad Maidan , berpakaian serba hitam dan mengenakan topeng Guy Fawkes, untuk memprotes Pemerintah India yang melakukan sensorship Internet

Topeng tersebut juga digunakan oleh demonstran di Bahrain selama Arab Spring berlangsung dan mulai dilarang di negara itu pada Februari 2013. Beberapa bulan setelahnya, keputusan serupa juga diambil oleh Uni Emirat Arab dan negara negara lainnya di sekitar Teluk Persia. Industri dan Perdagangan Kementerian Bahrain mengatakan larangan keras untuk mengimpor topeng, yang disebut sebagai "topeng revolusi" dikarenakan kekhawatiran atas "keselamatan publik". Keputusan tersebut dikomentari oleh Voice of America sebagai sesuatu yang tidak biasa dan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menekan pemberontakan dua tahun terakhir. Namun, seorang aktivis hak asasi yang berbasis di Inggris dan Samuel Muston dari majalah The Independent meremehkan efek dari larangan tersebut. The Manama Voice melaporkan bahwa penggunaan topeng Guy Fawkes dalam protes justru meningkat setelah munculnya larangan tersebut.

Pada tanggal 24 November 2012, para kelompok Nasionalis di Sydney, Australia , menghadiri reli Pro-Palestina dalam mendukung solidaritas dengan rakyat Gaza , dalam kaitannya dengan “Operation Pillar of Defence” , semuanya mendukung digunakannya topeng Guy Fawkes. Topeng guy fawkes juga digunakan oleh para pemrotes anti-pemerintah di Thailand pada tahun 2012,  dan oleh demonstran di Turki pada tahun 2013. Mereka juga menggunakan topeng guy fawkes dalam protes di Brasil dan Mesir pada tahun 2013.

Pemerintah Arab Saudi melarang impor topeng tersebut sejak Mei 2013, dan mengatakan bahwa setiap topeng yang ada di Arab Saudi akan disita. Departemen Urusan Islam menyatakan bahwa topeng adalah "simbol pemberontak dan balas dendam", dan memperingatkan imam dan orang tua bahwa "mereka dapat digunakan untuk menghasut para pemuda untuk mengacaukan keamanan dan menyebarkan kekacauan ..." Pada tanggal 22 September 2013, polisi agama Saudi melarang mengenakan topeng Guy Fawkes, sehari sebelum Hari Nasional ke-83 Arab Saudi. [ 33 ]

Pemakaian topeng dalam kerusuhan ataupun aksi yang melanggar hukum telah dilarang di Kanada , menyusul diberlakukannya Bill C-309 , dan akan menjatuhkan hukuman penjara maksimum 10 tahun.

Para pengunjuk rasa dalam protes Venezuela ditahun 2014 telah membawa berbagai macam topeng; salah satunya adalah topeng Guy Fawkes ', kadang-kadang topeng tersebut dicat dengan warna bendera Venezuela.

Alan Moore, penulis V for Vendetta , telah mendukung penggunaan topeng tersebut, dan menyatakan dalam sebuah wawancara 2008 dengan Entertainment Weekly , "Saya juga cukup berbesar hati ketika menonton berita untuk melihat bahwa ada demonstrasi di luar markas Scientology di sini, dan bahwa mereka ini memakai V for Vendetta topeng Guy Fawkes. Itu membuat senang saya. Itu memberi saya sedikit kehangatan. " [ 37 ] Sementara Moore tidak menciptakan karakter seperti untuk tujuan itu, tetapi disisi lain dia menjelaskan kepada The Guardian , "Ketika saya sedang menulis V for Vendetta dalam hati saya berpikir: tidak ada yang lebih bagus lagi jika ide-ide ini benar-benar membuat dampak yang nyata, ketika Anda mulai untuk melihat bahwa fantasi dapat mengubah dunia nyata ... Ini aneh. Rasanya seperti karakter saya sudah dibuat 30 tahun yang lalu, dan entah bagaimana telah lolos dari ranah fiksi. "

David Lloyd, ilustrator dan co-creator V for Vendetta, mengatakan:

"Topeng Guy Fawkes kini telah menjadi merek umum dan plakat yang nyaman untuk digunakan sebagai protes terhadap tirani - dan saya senang dengan orang-orang menggunakannya, tampaknya cukup unik, sebuah ikon budaya populer yang dikemudian hari menjadi simbol perlawanan di dunia international. Menurut saya, kelompok Anonymous memerlukan gambar untuk menyembunyikan identitas mereka dan juga melambangkan bahwa mereka berdiri untuk individualisme -. V for Vendetta adalah cerita tentang seorang individu terhadap sistem. “

Pada tahun 2011, setelah topeng vendetta di adopsi oleh para demonstran 'topeng ini menjadi item yang terlaris di Amazon.com , telah terjual ratusan ribu topeng tiap tahunnya.